Perhatian Positif Kepada Anak

Orang tua setiap hari rata-rata memiliki ratusan interaksi dengan anak mereka. Yang paling penting adalah memanfaatkan momen emas  saat ini – dengan menunjukkan perhatian positif dan menikmati saat-saat penting bersama anak Bunda.

Apa itu perhatian positif?

Perhatian positif adalah cara Bunda menunjukkan kegembiraan pada anak Bunda dan kehangatan dalam hubungan Bunda melalui:

  • tersenyum pada anak Bunda
  • melakukan kontak mata dan menggunakan ekspresi wajah yang peduli
  • menyentuh dan menggendong anak dengan lembut dan bersikap peduli dengan anak Bunda
  • menggunakan kata-kata untuk yang bersahabat dan penuh semangat

Bunda memiliki kesempatan untuk memberi anak Bunda perhatian positif dalam interaksi sehari-hari  dengan anak

Apa yang anak pelajari dari perhatian positif

Sejak awal, sangat penting bahwa anak-anak memiliki pengalaman dan hubungan yang menunjukkan bahwa mereka dihargai, dan diperlakukan sebagai manusia yang mampu membawa kesenangan pada orang lain. Perhatian positif, reaksi dan tanggapan dari orang dewasa  membantu anak membangun gambaran betapa berharganya mereka.

Citra diri anak (atau konsep diri) dibangun dari waktu ke waktu dengan pesan positif dan penuh kasih sayang dari ibu, ayah dan orang penting lainnya. Citra diri yang sehat sangat penting, tidak hanya untuk hubungan anak dengan orang lain, tapi juga untuk kepercayaan diri saat mereka belajar tentang dunia.

rasa amana dan rasa nyaman  anak-anak berasal dari interaksi yang bauk antara anak-anak dengan orang tua dan orang dewasa lainnya yang merawat mereka. Ketika anak-anak ketakutan, tidak yakin atau menghadapi situasi baru yang tidak biasa, mereka akan melihat Bunda untuk mendapatkan kepastian dan dukungan untuk merasa aman dan aman.

Dalam beberapa kasus ekstrem, di mana orang tua secara teratur terganggu atau tidak dapat fokus pada kebutuhan bayi mereka(rasa aman dan rasa nyaman), bayi dapat menjadi tertekan. Penelitian telah menunjukkan bahwa jika perasaan nyaman dan perasaan aman pada bayi kurang terpenuhi dengan baik selama periode waktu tertentu, bahkan bayi yang masih muda banget berusia enam bulan dapat menunjukkan tBunda-tBunda stres.

Penelitian telah menunjukkan bahwa orang tua yang lebih banyak tersenyum pada bayinya, sehingga bayi  merasa hangat dan banyak mendapat perhatian, cenderung akan menjadi anak yang menunjukkan perilaku semacam itu juga. Bunda bisa juga membacakan buku-buku berkualitas untuk anak seperti buku grolier

Bagaimana Bunda bisa menunjukkan perhatian positif

Dari saat mereka lahir, anak-anak memperhatikan apa yang Bunda katakan dan lakukan – dan, mungkin lebih dari itu, bagaimana Bunda mengatakannya dan melakukannya.

Bayi baru lahir

Bahkan bayi yang baru lahir pun siap untuk berhubungan, berkomunikasi dan belajar dari segala sesuatu dan dari semua orang di sekitar mereka. Semakin Bunda merespons dan memulai komunikasi dengan bayi, semakin mereka mendapatkan hal-hal positif  untuk bekal kehidupannya.

Bunda dapat berkomunikasi dengan bayi yang baru lahir dengan cara sebagai berikut:

  • menghibur mereka saat mereka menangis
  • tersenyum kembali saat mereka tersenyum
  • menanggapi suara yang mereka buat dengan mengatakan sesuatu yang masuk akal (bahkan saat Bunda tidak yakin/tidak faham dengan apa yang ingin mereka komunikasikan!).

Bayi, balita dan anak-anak

Saat anak Bunda bertambah tua, kata-kata dan tindakan Bunda bergabung untuk memberi anak Bunda pesan penting.

  • Sadarilah bagaimana anak Bunda bisa menafsirkan raut wajah atau nada bicara Bunda dalam berkata-kata. Bahkan sebelum bayi bisa mengerti dan menggunakan kata-kata, mereka sensitif terhadap nada suara, isyarat, ekspresi wajah dan bahasa tubuh Bunda.
  • Manfaatkan aktivitas sehari-hari secara maksimal. Mandi, mengganti popok, makan dan berpakaian mungkin tampak seperti hal-hal sepele yang biasa saja, namun aktivitas sehari-hari ini memberi kesempatan penting bagi Bunda untuk membina hubungan yang bagus dengan anak Bunda dengan cara yang berarti. Misalnya, Bunda bisa juga memberi anak2 pelukan dan candaan saat Bunda mengeringkan mereka setelah mandi.
  • Kapan pun Bunda bisa, sisihkan keasyikan dan perencanaan untuk bermain bersama, dan luangkan waktu bersama anak Bunda. Contoh hal sederhana yang bisa dilakukan adalah berjongkok untuk melihat ulat bersama, bahkan jika Bunda sedang terburu-buru untuk pergi ke suatu tempat. Interaksi semacam ini tidak perlu banyak waktu.

Lihatlah anak Bunda, tersenyumlah padanya, berusahalah untuk menunjukkan ketertarikan, memperhatikan dan terlibat dengannya dengan cara yang positif. Ini semua mengirim pesan bahwa anak Bunda istimewa dan penting.

  • Fokus pada hal positif. Jika Bunda selalu mengoreksi anak Bunda, atau Bunda tampak tidak bahagia, marah atau terganggu saat Bunda bersama mereka, ini akan mengirim pesan bahwa anak Bunda tidak mampu, menghargai atau patut mendapat perhatian Bunda. Jadi sebelum Bunda mengoreksi anak Bunda, tanyakan pada diri Bunda: apakah hal itu benar-benar penting? Apakah itu benar-benar urgen dan bisa membuat perubaha positif atau bisakah saya melupakan nya saja?

Bila sulit untuk bersikap positif

Tidak realistis atau bahkan normal menjadi positif sepanjang waktu. Anak-anak cukup mampu mengatasi ketika orang tua mereka kadang-kadang tidak peka, tidak tersedia atau terganggu.

Tapi bila sebagian besar, atau bahkan banyak, interaksi sehari-hari negatif dan menyedihkan, atau orang tua merasa sulit untuk merasakan atau bertindak positif, ini sering merupakan tanda-tanda orangtua yang tertekan. Jika Bunda menemukan diri Bunda dalam situasi ini, ada baiknya mencari bantuan dan nasihat profesional.