Penjelasan Bagian Tanaman Sirsak

Daun Sirsak

Sirsak madu adalah salah satu jenis sirsak yang memiliki banyak keunggulan seperti rasa buah yang jauh lebih manis dari sirsak jenis lain. Oleh karena itu, sirask madu ini lebih banyak diminati untuk disantap langsung atau diolah kembali menjadi beberapa minuman seperti campuran es buah, jus, sirup bahkan sebagai bahan dasar pembuatan dodol.

Buah sirsak madu memiliki tekstur yang lebih lembut jika dibandingkan dengan sirsak lain dan untuk tanaman sirsak ini bisa tumbuh antara 3 sampai 10 meter dengan batang yang tegak lurus dan memiliki cabang berdiameter 10 sampai 30 cm yang berwarna coklat tua dan tanaman ini termasuk ke dalam tanaman berhabitus perdu.

Daun sirsak berbentuk oval dengan permukaan daun yang licin dan halus serta mengkilap. Pada bagian tepi daunnya rata, tidak bergelombang dan daging daun kaku serta tebal. Pangkal daunnya meruncing dan ada sebagian yang tumpul. Daun ini bermanfaat untuk mengobati berbagai penyakit seperti mual, luka, jerawat, batuk, reumatik, kanker dan sebagainya.

Bunga sirsak adalah bunga tunggal yang memiliki putik banyak dengan warna kuning agak keputihan serta memiliki calon bakal buah yang sangat banyak. Karena mempunyai karpel yang cukup banyak, maka bakal buah ganda ini akan bergabung dan membentuk satu buah.

Untuk buah sirsak memiliki bentuk yang lonjong dengan kulit bersisik ukuran pendek. Pada bagian dalamnya memiliki daging buah berwarna putih dengan tekstur lembut serta berserat banyak. Rasa dari buah sirsak sangat segar dengan biji banyak berwarna coklat agak kehitaman. Bagian daging sirsak ini mempunyai kandungan vitamin B, vitamin C, fosfor dan juga kalsium yang bermanfaat untuk kencing batu, sakit kuning, disentri dan hypertension.

Bagian kulit batang pohon sirsak juga memiliki banyak kegunaan untuk mengatasi berbagai penyakit seperti kejang, hipertensi, asma, obat penenang alami dan juga batuk. Hal ini dikarenakan pada kulit batang pohon sirsak mengandung senyawa aktif seperti murin, solamine, muricine dan reticuline sehingga beberapa penyakit yang sudah disebutkan bisa sembuh dengan memanfaatkan bagian kulit batang ini.

Bagian biji sirsak ternyata juga memiliki banyak kegunaan seperti mengobati pencernaan dan juga memberantas kutu yang ada di kepala.

Sementara untuk bagian akarnya juga memiliki banyak manfaat yang belum banyak diketahui seperti untuk diabetes, obat penenang alami dan juga mengatasi kejang. Dalam akar pohon sirsak ini mengandung annomontacin, annomuricatin, panatellin, cohibin, annonanci, muracin, annocatacin, reticulatacin, annomomonicin dan juga muricetanol.

Sirsak sendiri memiliki beberapa jenis yang berbeda-beda, untuk lebih lengkapnya bisa anda lihat pada ulasan dibawah ini.

  • Sirsak madu: Memiliki penyebaran di Sukabumi, Jawa Barat dan Pelabuhan Ratu. Ukurannya beragam dengan permukaan kulit licin dan mempunyai duri disekitar permukaan kulit buah. Pada bagian daging bertepung dan sangat manis.
  • Sirsak biasa: Sirsak jenis ini bisa ditemukan hampir di seluruh wilayah Indonesia dengan ciri yang hampir serupa dengan sirsak ratu. Akan tetapi bagian buah memiliki kadar air jauh lebih banyak dibandingkan dengan sirsak ratu dengan rasa sedikit asam dan sering diolah menjadi dodol, jelly, selai, sirup atau wajik.
  • Sirsak Bali: Sirsak Bali memang lebih sering ditemukan pada daerah Bali dan memiliki beberapa sebutan lain seperti sirsak gundul, sirsak irian,sirsak sabun dan sirsak mentega. Sirsak ini memiliki ukuran lebih kecil sekitar 200 sampai 300 gram per buah dengan permukan buah yang licin dan tidak memiliki duri.
  • Sirsak mandalika: Sirsak ini juga bisa ditemukan hampir diseluruh wilayah Indonesia dengan bentuk serupa dengan buah nona, bagian daging buah berwarna kuning dan duri pada kulit agak jarang. Jenis sirsak ini lebih cocok untuk diolah dibandingkan disantap langsung.

Demikian penjelasan dari kami tentang bagian-bagian dari tanaman sirsak secara lengkap mulai dari daun, batang, bunga, biji, buah, akar dan kulit batang yang masing-masing memiliki kegunaan berbeda-beda.