Mengenal 12 Hal yang Membatalkan Puasa Ramadhan

Mengenal 12 Hal yang Membatalkan Puasa Ramadhan

Puasa merupakan hal bermanfaat tidak hanya untuk rohani namun juga untuk jasmani. Diperlukan sikap yang penuh kehati-hatian pada saat menjalankan puasa supaya bisa terhindar dari hal atau perkara yang bisa membatalkan puasa sehingga tidak didapat pahala yang berkelimpahan.

Khususnya pada puasa di bulan Ramadhan dimana menjadi bulan yang penuh dengan pengampunan dan pahala tersebut. Oleh karena itu, ada baiknya anda menyimal beberapa hal yang bisa membuat puasa Ramadhan menjadi batal berikut ini.

  1. Jima

Jima yang dilakukan pada siang hari secara sengaja dengan istri atau suami maka akan membatalkan puasa

  1. Sengaja Makan dan Minum

Saat makan atau minum ataupun memasukkan benda ke dalam mulut atau lubang lain pada anggota tubuh yang diperbuat dengan sengaja maka membuat makanan, minuman atau benda tersebut masuk ke dalam perut dan menjadi salah satu hal yang membatalkan puasa Ramadhan.

  1. Muntah Secara Sengaja

Muntah yang dilakukan secara sengaja dengan cara memasukkan jari ke dalam tenggorokan atau kerongkongan namun tidak termauk muntah yang dikarenakan mabuk perjalanan atau sakit.

  1. Memakai Jarum Suntik

Dengan memasukkan segala sesuatu ke dalam tubuh lewat jarum suntik dengan tujuan untuk kenyang juga bisa membatalkan puasa.

  1. Nifas atau Haid

Para wanita yang sedang mengalami haid atau sedang melahirkan, maka tidak diperbolehkan untuk menjalani puasa sampai bersih dari hadi tersebut.

  1. Kehilangan Akal atau Gila

Hal berikutnya yang bisa membatalkan puasa adalah orang yang sedang terganggu jiwanya. Apabila sedang menjalani puasa dan secara tiba-tiba orang tersebut kehilangan akal atau gila, maka puasa juga akan batal.

  1. Sengaja Menghisap Tembakau

Saat sedang berpuasa dan secara sengaja anda menghisap tembakau, maka hal tersebut juga akan membatalkan puasa, sebab asap dari tembakau tersebut masuk ke dalam benda lain yang masuk ke dalam lambung.

  1. Memasukkan Benda ke Kubul

Jika secara sengaja anda memasukkan benda cair ataupun padat pada kubul, maka hal tersebut juga akan membatalkan puasa yang anda jalani, sehingga sebaiknya hindari membuang angin saat ada di dalam air sebab bisa membuat air masuk ke dalam kubul.

  1. Murtad atau Keluar dari Islam

Orang muslim yang keluar dari Islam atau murtad pada saat sedang berpuasa juga akan membatalkan puasa dan wajib untuk Qadha saat ingin kembali ke agama Islam.

  1. Transfusi Darah

Oleh karena darah seperti layaknya makanan bagi tubuh, maka transfusi darah juga akan membatalkan puasa seperti secara sengaja makan dan minum di bulan puasa.

  1. Pengobatan Pada Kemaluan dan Dhubur

Pengobatan yang dilakukan pada kemaluan dan juga dhubur atau kedua-duanya pada orang sakit juga bisa membatalkan seseorang saat sedang berpuasa.

  1. Marah

Marah merupakan salah satu sifat buruk yang memang tidak secara langsung membuat puasa menjadi batal, akan tetapi harusnya tidak hanya lapar, haus dan nafsu saja yang di tahan saat berpuasa, namun juga berbagai sifat buruk seperti marah.

Demikian penjelasan dari kami mengenai beberapa hal yang membatalkan puasa Ramadhan. Dari keterangan diatas, semoga bisa membantu anda agar dapat menjalankan puasa sebaik-baiknya dan menghindari hal yang membatalkan puasa Ramadhan seperti yang sudah dijelaskan diatas.