Harga Bibit Rambutan Termurah

Salam dari admin untuk seluruh pecinta bibit yang ada di Indonesia. Pada kesempatan kali ini admin akan membahas tentang bibit rambutan. Bila Anda masih mencari bibit rambutan dan merasa bingung soal harga bibit rambutan yang beredar terlalu mahal, Anda bisa mengunjungi website kami.

Faktor – faktor yang mempengaruhi pertumbuhan rambutan

  • Faktor eksternal
  1. Tanah, tanah adalah faktor eksternal yang paling mempengaruhi pertumbuhan suatu tanaman. Pohon rambutan ini menyukai daerah yang memiliki tanah yang sedikit berpasir, gembur , dan sangat subur. Tanah yang memiliki model sedikit berlempung sulit untuk ditumbuhi oleh pohon rambutan. Namun untuk kondisi tanah yang seperti itu cukup menambahkan dengan sedikit tanah berpasir maka pohon rambutan sudah dapat tumbuh.
  2. Iklim, iklim juga dapat mempengaruhi pertumbuhan pohon rambutan. Pohon rambutan ini sangat berpengaruh dengan kondisi suhu rata – rata, kondisi curah hujan, intensitas cahaya matahari , dan arah serta kecepatan angin. Hal – hal tersebut sangat berpengaruh meskipun kelihatannya banyak yang mengabaikannya. Pohon rambutan ini membutuhkan curah hujan rata – rata 1.500 hingga 2.500 mm per tahunnya.
  3. Ketinggian daerah ( mdpl ), faktor ini juga berpengaruh terhadap proses pertumbuhan pohon rambutan. Pohon rambutan ini sangat baik tumbuh di daerah yang memiliki ketinggian 30 – 500 mdpl. Bila tumbuh melebihi ketinggian tersebut ( mencapai 1.000 mdpl ) maka pohon rambutan mulai jarang – jarang bisa tumbuh dan berbuah bahkan musim bunga nya sulit sekali untuk diprediksi.
  • Faktor internal
  1. Jenis rambutan, jenis rambutan saat ini terbilang cukup banyak sekali, namun ada 2 jenis rambutan yang paling digemari oleh masyarakat yakni Rambutan Aceh (berwarna kuning) dan Rambutan Binjai (berwarna merah). Tidak semua jenis rambutan ini dikembang biakkan melalui biji oleh para petani, para petani lebih memilih dengan cara cangkok, hal ini disebabkan karena metode cangkok lebih cepat mengalami pertumbuhan.

Supplier kami menyediakan harga bibit rambutan yang terjangkau jadi pesan saja sekarang jangan takut soal harga mahal.

Budidaya pohon rambutan melalui pot ini terbilang menelan biaya yang cukup murah daripada yang melalui lahan. Perawatan nya pun juga terbilang mudah sehingga pohon rambutan ini bisa dengan mudah menghasilkan buah dengan kualitas yang optimal. Tahap penanaman pohon rambutan dalam pot ini hampir sama dengan penanaman yang dilakukan di lahan biasa, namun yang membedakan adalah media tanamnya. Berikut ini langkah – langkah yang dilakukan untuk penanaman bibit pohon rambutan dalam pot :

  • Langkah pertama adalah penyiapan bibit rambutan, bibit rambutan sekarang ini umumnya berasal dari proses okulasi , berumur sekitar 8 bulanan , dan memiliki tinggi sekitar 60 cm – 75 cm.
  • Kemudian siapkan pot berupa sebuah drum yang memiliki ukuran diameter sekitar 40 cm dan bagian dasar bawah drum tersebut dilubangi kecil – kecil agar saat proses penyiraman , air tidak tergenang memenuhi drum.
  • Masukkan pecahan batu bata, genteng , atau batako ke bagian dasar pot hingga tumpukan tersebut mencapai ketinggian 10 cm. Jika sudah , tutupi pecahan tersebut dengan ijuk atau daun – daun kering (kaya akan humus).
  • Kemudian masukkan tanah ke dalam pot hingga ketinggian tanah hampir mendekati bibir pot, lalu buat lubang tepat ditengah – tengah tanah.
  • Selanjutnya keluarkan bibit rambutan yang sudah disiapkan dari polybag. Caranya gunting atau sobek polybag tersebut untuk menjaga agar tanah yang melekat pada bibit tidak rontok kemana – mana.
  • Kemudian tanamkan bibit pada pot (drum) tersebut lalu timbun dengan tanah secara perlahan – lahan agar tidak merusak akarnya. Tekan juga secara pelan – pelan bagian pangkal bibit.
  • Siram bibit rambutan tersebut dengan air dan tanah, siram secukupnya saja dan jangan berlebihan.
  • Lalu letakkan pot bibit rambutan tersebut dibawah tempat yang teduh. Hindari tempat yang terkena sinar matahari secara berlebihan.
  • Jika sudah terlihat tumbuh tunas – tunas baru, barulah pindahkan pot tanaman rambutan itu ke tempat yang cukup akan sinar matahari.

Harga bibit rambutan yang murah belum tentu menjamin soal kondisi bibit pada kenyataannya. Ada yang penampilan bibit nya biasa saja namun sudah terjangkit penyakit dan hal – hal merugikan lainnya.