3 Jenis Dan Contoh Alat Kesehatan Rumah Sakit

Saya yakin, anda yang sedang membaca tulisan ini, pernah berkunjung ke rumah sakit. Entah itu anda sendiri yang dirawat. Atau untuk menjenguk teman, sodara dan anggota keluarga anda yang sakit dan dirawat di rumah sakit. Ada banyak sekali jenis alat – alat medis rumah sakit yang anda lihat disana. Namun apakah anda tahu nama dan fungsi alat tersebut ?

Tentu tidak semua dari anda mengetahuinya. Bahkan perawat atau dokter yang ada di rumah sakit tersebut belum tentu tau dan paham dengan alat itu ? Pada kesekian kalinya, penulis ingin berbagi informasi seputar alat – alat medis yang ada di rumah sakit dan klinik.

Berikut ada tiga jenis kelompok alat kesehatan yang ada di rumah sakit dan klinik.

1. Alat Elektromedik

Salah satu jenis alat kesehatan yang ada di Rumah Sakit atau Klinik adalah Elektromedik. Apa itu alat Elektromedik ? Adalah jenis – jenis alat kesehatan yang mengandung listrik. Ada cukup banyak alat kesehatan tersebut di Rumah Sakit. Khususnya di rumah sakit besar tingkat daerah. Contoh alat Elektromedik misalnya EKG. EKG atau Elektrokardiograf, adalah alat medis yang berfungsi untuk merekam kelistrikan jantung untuk mendiagnosa kelainan jantung.

2. Alat Non Elektromedik

Berkebalikan dengan jenis alat yang pertama. Alat yang kedua ini sama sekali tidak mengandung unsur kelistrikan. Biasanya jenis alat ini, didominasi oleh bahan – bahan habis pakai atau alat – alat yang digunakan sekali pakai di rumah sakit. Beberapa contoh alat ini antara lain. Infus set, jarum suntik, chateter dan lain sejenisnya.

3. Alat Diagnostic

Sangat berbeda dari kedua alat yang sudah kita sebutkan diatas. Alat ini berorientasi pada fungsinya yang spesifik yaitu berfungsi untuk mendiagnosa atau analisis. Baik untuk diagnosa penyakit, analisa serum darah dan lain sebagainya. Contoh alat ini yang cukup populer adalah. Hematology Analyzer. Meskipun sudah banyak tersedia di toko atau distributor alat kesehatan, namun masih belum banyak rumah sakit yang memiliki alat ini. Hal ini karena harga Hematology Analyzer yang cukup mahal. Alat ini berfungsi untuk menganalisis sel – sel darah pasien untuk kepentingan diagnosa penyakit.

Sekian, semoga bermanfaat.