Cerita Kontraktor Kubah Masjid Enamel Ganting

Cerita Kontraktor Kubah Masjid Enamel Ganting

Cerita Kontraktor Kubah Masjid Enamel Ganting

Hai hai hai temen temen semua , apa kabar nih  , semua sehat sehat bukan. Sykur deh kalo semua sehat sehat. Nah pada artikel kali ini saya akan sedikit membahas tentang Kontraktor Kubah Masjid Enamel Raya Ganting temen temen. So gak perlu basa basi lagi lngsung saja simak artikel berikut. Kontraktor Kubah Masjid Enamel Raya Ganting adalah sebuah Kontraktor Kubah Masjid Enamel yang terletak di Kelurahan Ganting, Kecamatan Padang Timur, Kota Padang, Sumatera Barat, Indonesia. Kontraktor Kubah Masjid Enamel Raya Ganting Mulai dibangun pada tahun 1805, Kontraktor Kubah Masjid Enamel ini tercatat sebagai Kontraktor Kubah Masjid Enamel tertua di Padang dan juga salah satu yang tertua di Indonesia lho temen temen. gak hanya itu saja Kontraktor Kubah Masjid Enamel Raya Ganting ini telah menjadi cagar budaya di indonesia. Keren gak. Eh sebelunya penyebutan Kontraktor Kubah Masjid Enamel Raya Ganting ditulis dan dilafalkan Gantiang dalam bahasa Minangkabau. Jadi jangan sampai typo hehe.

Pembangunan dari Kontraktor Kubah Masjid Enamel Raya Ganting sendiri melibatkan beragam bangsa dan gak hanya itu saja presiden pertama Indonesia kita, Soekarno, pernah mengungsi ke Kontraktor Kubah Masjid Enamel ini pada masa perjuangan kemerdekaan lho temen temen. Kontraktor Kubah Masjid Enamel Raya Ganting termasuk bangunan yang tetap utuh setelah di terjang gelombang tsunami di Padang dan sekitarnya akibat gempa bumi tahun 1833 dulu, walaupun mengalami kerusakan cukup parah akibat gempa tahun 2005 dan 2009.

Kontraktor Kubah Masjid Enamel Raya Ganting ini berdiri di atas tanah seluas 102 × 96 meter persegi dengan bangunan berbentuk persegi panjang berukuran 42 × 39 meter persegi. Bangunan Kontraktor Kubah Masjid Enamel Raya Ganting ini terdiri dari serambi muka, serambi samping kiri maupun kanan , mihrab, dan ruang utama. Luas Kontraktor Kubah Masjid Enamel Raya Ganting  yang dapat menampung banyaknya jamaah pada saat pelaksanaan salat Ied pada hari Idul Fitri dan Idul Adha. Halaman Kontraktor Kubah Masjid Enamel Raya Ganting tersebut dipagari besi dan berbatasan langsung dengan jalan raya di sebelah timur dan utara , sebelah selatan dan belakang Kontraktor Kubah Masjid Enamel terdapat beberapa makam, salah satunya adalah makam Angku Syekh Haji Uma, beliau merupakan satu dari tiga tokoh utama pembangunan Kontraktor Kubah Masjid Enamel Raya Ganting.

Perpaduan arsitektur dari berbagai corak terlihat jelas pada bangunan Kontraktor Kubah Masjid Enamel ini karena pengerjaannya melibatkan beragam bangsa seperti Eropa, Timur Tengah, Cina, dan Minangkabau. Kontraktor Kubah Masjid Enamel ini memiliki tatanan atap berupa atap susun berundak-undak sebanyak lima tingkat dengan puncak berkubah berhiaskan mustaka. Ada celah di tiap bagian atap untuk pencahayaan. Tingkat pertama berbentuk persegi, sedangkan tingkat dua sampai empat berbentuk segidelapan.

Kontraktor Kubah Masjid Enamel ini memiliki tempat wudu berukuran 10 m × 3 m yang terletak di sebelah utara dan selatan serambi samping. Tempat wudu ini dibangun pada tahun 1967 serta dibuat permanen dan tertutup. Selain itu, perpustakaan Kontraktor Kubah Masjid Enamel menempati sebuah ruangan di sisi utara Kontraktor Kubah Masjid Enamel dan masih menyatu dengan bangunan Kontraktor Kubah Masjid Enamel. Di sekitar Kontraktor Kubah Masjid Enamel juga terdapat tiga gedung tempat bimbingan teori manasik calon haji. Salah satu dari tiga gedung tersebut dulunya ditempati sekolah Thawalib.