Cara Budidaya Buah Naga Dengan Benar

Buah Naga dengan bahasa latin Pitaya adalah buah dari beberapa jenis kaktus, yang barasal dari negar Mexico, Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Asal usul kata buah naga berasal dari kebudayaan orang Vietnam dan Cina yang sering meletakkan buah ini di antara kedua patung naga pada meja altar, dari sanalah muncul kata thang loy (buah naga). Setelah itu diterjemahkan lagi ke dalam bahasa Inggris sebagai dragon fruit atau buah naga.

Cara Budidaya Buah Naga Dengan Benar

Buah naga adalah buah yang rendah kalori, mengandung banyak gizi seperti fosfor, protein, kalsium, fiber, antioksidan, vitamin B, dan C. Selain bisa langsung dimakan, buah naga juga banyak di jadikan campuran dalam pembuatan kue, jus, salad, buah untuk diet, sebagai anti oksidan, meningkatkan kekebalan tubuh, menurunkan kolesterol, menjaga kesehatan kilit, dan masih banyak lagi.

Adapun ciri – ciri umum buah naga antara lain:

  • Bentuk pohonnya berjenis kaktus. Terdiri dari akar, batang, duri, bunga, dan daun.
  • Akarnya berbentuk serabut yang berkembang di dalam tanah dan ada juga pada batang atas sebagai akar gantung. Akar yang tumbuh pada batang terletak di sepanjang batang pada bagian punggung sirip di sudut batang.
  • Bunganya mekar menjelang senja saat kuncup telah mencapai 30cm, malam sekitar pukul 9 barulah mahkota bunga yang berwarna krem mekar. Kemudian disusul mahkota bagian dalam yang berwarna putih meliputi benang sari yang berwarna kuning. Saat tengah malam barulah bunga yang bentuknya seperti corong akan terbuka. Oleh sebab itu di juluki night blooming cereus. Bunga buah naga menyebarkan bau yang harum, hal ini untuk mengundang kelelewar dalam proses penyerbukan (sampainya serbuk sari pada putik).
  • Bentuk buahnya sangat unik, disekitar kulit buah terdapat jumbay – jumbay yang mirip sisik naga.Buah terdiri dari kulit dan daging yang mempunyai biji kecil – kecil berwarna hitam dan dapat di makan.
  • Batangnya berbentuk segi tiga, dengan duri yang pendek sehingga mirip kaktus tak berduri.

Ada beberapa varietas sepesis buah naga, yaitu:

  • Hylocereus polyrhizus (buah naga dengan kulit berwarna merah dan daging berwarna merah)
  • Hylocereus undatus (buah naga dengan kulit berwarna merah dan daging berwarna putih)
  • Hylocereus costaricensis (buah naga dengan kulit berwarna merah dan daging berwarna super merah)
  • Selenicereus megalanthus (buah naga dengan kulit berwarna kuning dan daging berwarna putih)

Menanam buah naga sangat mudah dan tidak membutuhkan lahan yang luas. Cara Menanam buah naga bisa dari daunnya (berbentuk katus) atau dari bijinya. Jika menanam dari daun hanya perlu memotong beberapa helai daunnya lalu menanamnya pada media tanah yang telah disediakan.

Cara Menanam Buah Naga Dari Bijinya

  1. Siapkan buah naga yang sudah matang, lalu kupas dan ambil dagingnya.
  2. Letakkan pada ember yang bersih bibit buah naga tersebut, kemudian remas – remas untuk memisahkan biji dari dagingnya. Buang airnya secara perlahan menggunakan saringan teh, lakukan terus sampai tidak ada lagi daging yang tersisa, jadi hanya biji saja. Hal ini dilakukan untuk menghindari terjadinya pembusukan pada biji.
  3. Siapkan gelas bening dan kapas atau kapuk yang akan di jadikan media untuk penyemaian.
  4. Masukkan kapas atau kapuk ke dalam gelas bening dan basahi dengan sedikit air.
  5. Taburkan biji merata pada permukaan kapas atau kapuk tadi dan tutup gelas dengan rapat menggunakan plastik bening. Penutupan bertujuan untuk menjaga kelembaban pada media, dan penggunaan plastik bening agar mudah di lihat perubahannya.
  6. Tempatkan media penyemaian pada area yang lembab. Biasanya dalam waktu 5 – 10 hari biji kecambah bibit buah naga akan tumbuh.
  7. Tunggu hingga agak besar untuk memindahkan ke media poly bag. Lakukan perawatan hingga kira – kira 3 minggu selanjutnya buah naga dapat di tanam pada media / lokasi yang diinginkan.

Buah naga yang sangat banyak manfaatnya ini sangat bagus untuk di budidayakan, harganya juga sangat bagus di pasaran. Semoga ulasan singkat ini dapat menambah wawasan kepada siapapaun yang membacanya dan menambah semangat anda untuk mulai menanam buah naga.