Cara Memperkuat Ikatan Dengan Bayi

Cara Memperkuat Ikatan Dengan Bayi

Apa yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari bayi mempengaruhi cara otaknya berkembang. Dengan membina hubungan dan bonding(ikatan) yang baik antara bayi dengan orang tua dan memberi banyak cinta, perhatian serta pengalaman yang menarik kepada bayi, Bunda menciptakan kondisi terbaik untuk pertumbuhan, pembelajaran, dan pengembangan otak bayi Bunda.

Membina hubungan  dan ikatan yang baik dengan bayi: mengapa ini penting

Masa-masa batita – ini adalah masa-masa dimana anak suka menatap wajah orang-orang di sekitar,  ngoceh dan tersenyum. Bayi menghabiskan hari-hari mereka untuk melihat-lihat wajah, memperhatikan orang tua dan saudara kandung, dan menyempurnakan keterampilan emosional. Inilah cara mereka mendapatkan cinta, perhatian dan stimulasi yang mereka butuhkan untuk berkembang dan merasa aman di dunia ini.

 

Memahami bayi: 2-6 bulan

Selama masa ini, bayi Bunda mulai mempelajari emosi dan untuk apa emosi itu digunakan

Dengan melihat bagaimana reaksi Bunda saat dia mengekspresikan emosi, dan dengan melihat Bunda mengungkapkan perasaan Bunda sendiri, bayi Bunda mulai tahu kapan dia merasakan hal-hal tertentu, seperti kebahagiaan, kesedihan, kegembiraan atau ketakutan.

Setelah sekitar tiga bulan, bayi juga mulai belajar bahwa tindakan tertentu – seperti tersenyum, berdecak, menangis atau tiba-tiba berteriak lebih keras daripada televisi – dapat menimbulkan respons emosional dari orang dewasa.

Tips untuk membantu Bunda terhubung dengan bayi

  • Saat bayi Bunda pertama kali mulai dengan sengaja menatap mata Bunda, tatap kembali ke mata bayi.
  • Saat bayi membuat suara, tunjukkan bahwa Bunda sedang mendengarkan. Cobalah tersenyum, mengangguk, melebarkan matamu, mengangkat alis ke atas. Bunda juga bisa mengatakan hal-hal seperti, ‘Apa yang kamu katakan sayang?’ Atau ‘MasyaAllah anakku pinter!’ Ini semua mendorong bayi Bunda untuk terus berkomunikasi.
  • Bantu bayi Bunda untuk tenang setelah ia bergembira dengan emosional. Bunda bisa melakukan ini dengan membelai bayi, mengucapkan kata-kata lembut dan memainkan musik yang menenangkan. Ini semua membantu bayi untuk mengembangkan kontrol emosionalnya.
  • Pertahankan rutinitas. Ini membantu bayi Bunda merasa nyaman dan beradaptasi dengan semua pemBundangan, suara, bau dan rasa-rasa masakan yang baru.

Para ilmuwan percaya bahwa melihat bagaimana wajah Bunda bereaksi saat bayi atau mengatakan sesuatu membantu bayi memahami dunia dan bagaimana membentuk suatu hubungan.

 

Memahami bayi Bunda: 6-9 bulan

Ini adalah masa perkembangan pesat dan pertumbuhan otak. Sembilan bulan, otak bayi Bunda telah mengalami lonjakan pertumbuhan yang mempersepsikan sesuatu dari hubungan antara apa yang dia lihat, dengar, rasakan dan rasakan.

Pada usia ini bayi Bunda semakin mandiri dan kemampuan motorik pun semakun meningkat.  Dia bisa duduk sendiri untuk waktu yang singkat dan mungkin mulai merangkak. Saat dia mulai mengerti siapa dirinya, ingatannya juga membaik. Bunda akan menemukan dia mulai membentuk keterikatan pada orang dan objek. Bayi akan mulai memutuskan dengan siapa dia mau ikut dan barang apa yang jadi kesukaannya…

Kecemasan untuk ditinggal/dipisah  seringkali disertai dengan keterikatan. Untuk mengatasi hal ini, bayi Bunda perlu belajar bahwa bila apabila segala sesuatunya hilang, mereka juga akan muncul kembali. Bunda bisa membantu bayi dengan:

  • Memberikan banyak kasih sayang fisik. Berikan mainan yang disukai dan banyaklah bercerita tentang hal2 sederhana apa yang ditemui saat berkeliling ruangan
  • Bermain game seru, seperti peekaboo – ini juga memberi bayi pengalaman bergiliran
  • Memberikan bayi kesempatan untuk diasuh oleh orang lain yang dipercaya – ini mungkin juga memberi Bunda kesempatan untuk pergi keluar sesekali dan meninggalkan bayi dalam perawatan orang lain.
  • Saat bayi Bunda bergerak mendekati 12 bulan, dia akan menjadi semakin vokal. Saat bayi mulai membuat suara – ‘ba ba ba’, ‘da da da’ – ulangi kembali. Pengulangan dalam pidato – ‘Apakah dedek lapar?’ dedek lapar bukan?’ ‘Ohhh, saya lapar’ – mengajarkan bayi arti kata-kata dan mengarah pada perkembangan bahasa dan ucapan.
  • Tidak pernah terlalu dini untuk mulai berbicara dengan bayi Bunda. Mendengar banyak kata membantu perkembangan intelektual anak Bunda di kemudian hari.

 

Memahami bayi Bunda: 9-12 bulan

Pada usia ini, kemampuan bayi Bunda untuk membedakan berbagai emosi dan suasana hati telah berkembang pesat. Bayi juga belajar bagaimana mengenali saat orang lain memiliki emosi.

Jika Bunda merespons ekspresi emosional, ini membantu bayi Bunda mengenali emosi dan memahami proses merasa lebih baik dan lebih buruk. Misalnya, ‘Ya, saya tahu dedek  rewel, bunda akan segera kembali’.

Seagian  bagian depan otak berkembang, bayi pada usia ini lebih mampu menghibur dan meyakinkan diri mereka dengan benda dan orang yang sudah tidak asing lagi. Mereka bisa bergerak lebih dan lebih baik, yang berarti mereka bisa lolos dari hal-hal yang membuat kesal atau mengganggu mereka. Bunda mungkin menemukan bahwa bayi Bunda juga mulai menginginkan lebih banyak kebebasan!

 

Jaga agar bayi tetap baik mood nya dengan:

  • Melakukan hal-hal yang membuat bayi senang
  • Mengubah aktivitas saat kebosanan atau stres terjadi
  • Mencoba memainkan gagasan seperti membaca buku, bermain dengan mainan dan berjalan mengelilingi taman sambil menunjuk benda-benda.

Agar Bayi terasah intelegensinya sedari kecil,bunda bisa membacakan buku-buku yang menarik bagi anak-anak… sekarang ini ada banyak sekali buku yang berkualitas internasional karena impor. dengan gambar yang bagus dan bobot materi yang oke.. diantaranya ensiklopedia aku ingin tahu mengapa grolier