Budidaya Pohon Mahoni

Pohon Mahoni dikenal masyarakat Jawa sudah sejak lama. Jual Bibit Pohon Mahoni. Bahkan Tumbuhan ini adalah salah satu penghasil kayu keras yang banyak digunakan untuk pembuatan perabot rumah tangga atau benda ukiran. Kayunya juga sangat sering dibuat penggaris karena tak mudah berubah dari waktu ke waktu. Getahnya pun cukup baik untuk dijadikan bahan perekat.

Budidaya Pohon Mahoni

Pohon Mahoni Sebagai Peneduh

Mahoni  di kenal masyarakat luas sejak zaman penjajahn dan dapat digunakan sebagai pohon yang sangat berguna sebagai peneduh di tepi jalan.  Orang yang paling berjasa mempopulerkan pohon ini  adalah Jenderal Herman Willem Daendels, Gubernur Hindia Belanda pada masa 1808-1811. Ketika Daendels akan membangun jalan dari Anyer hingga ke Panarukan, Dendles memilih Pohon Mahoni dan Pohon Asem yang nantinya akan ditanam di pinggir jalan untuk dijadikan penghias sekaligus peneduh.

nisiatif Daendels untuk menanam Mahoni di pinggir jalan, bukan tanpa perhitungan. Pohon ini sudah terbukti mampu mengurangi polusi udara sekitar 48% – 70% sehingga disamping sebagai pohon pelindung dan peneduh, Mahoni juga berfungsi sebagai filter udara dan penahan daerah  dengantangkapan air.

Daun-daun pohon Mahoni juga akan menyerap polutan-polutan di sekitarnya. Sebaliknya, mahoni juga akan melepaskan oksigen (O2) yang membuat udara di sekitarnya menjadi segar dan juga sejuk. Pada saat turun hujan, tanah dan akar-akar pohon Mahoni akan mengikat air yang jatuh, sehingga menjadi cadangan penyimpan air.

Pengembangbiakan

Mahoni ini adalah jenis pohon besar dengan tinggi bisa mencapai 35-40 m serta diameternya bisa mencapai 130 cm. Batangnya tegak lurus berbentuk semacam silindris dan juga tidak berbanir. Ketika masih muda, kulit batang nya berwarna abu-abu dan sangat halus.   Namun setelah tua akan berubah menjadi berwarna ke cokelatan dan sedikit kehitaman,serta beralur sangat dangkal seperti sisik.

Penyebaran pohon Mahoni bisa dilakukan dengan cara biji. Setelah mahoni berumur antara 7 hingga 8 tahun, dan dalam kurun waktu selama itu mahoni ini juga sudah siap untuk  berbunga. Bentuk dari buah mahoni ini bulat seperti telur.  Dan Ketika masih muda akan berwarna hijau dan setelah tua akan menjadi berwarna cokelat.

Penyebaran Mahoni bisa dilakukan dengan cara biji. Setelah itu umurnya antara 7 hingga 8 tahun, dalan kurun waktu selama itu mahoni ini juga sudah mulai berbunga. Bentuk dari buah mahoni ini bulat seperti telur.  Dan Ketika masih muda berwarna hijau dan setelah tua menjadi cokelat

Di Bagian dalam buah mahoni terlihat sedikit berlekuk dan dapat berjumlah lima dan berisi biji mahoni yang bentuknya cenderung pipih dengan ujungnya agak sedikit tebal dan dominan berwarna cokelat kehitam-hitaman.

Kami Juga Menjual Beberapa Jenis Pohon Mahoni lainya,silahkan kunjungi website kami di Jual Bibit Tanaman

Pada saat buah mahoni sudah tua,kulit dari buahnya akan terpecah dengan sendirinya sehingga biji-bijinya yang pipih tadi akan beterbangan ketika tertiup angin dan akan berjatuhan ke tanah dengan itu maka di pastikan akan tumbuh menjadi pohon mahoni baru.