Budidaya Mangga Irwin

Mangga Irwin

Cara budidaya pohon mangga irwin. pohon mangga irwin sangat mudah ditanam di daerah tropis seperti di indonesia ini. Pohon mangga dapat tumbuh subur dan cepat berbuah, untuk memiliki hasil buah mangga irwin yang baik sebaiknya kita memilih bibit mangga irwin dengan kualitas baik. Pembibitan mangga untuk hasil pertumbuhan yang cepat bisa menggunakan cara okulasi atau cangkok namun agar ingin yang praktis anda bisa membelinya di toko bibit daerah setempat.

Budidaya Mangga Irwin

Bibit yang sudah siap dipindah tanamkan dari polybag ke lahan tanam nantinya. pilihlah bibit yang memiliki batang yang kokoh daun hijau segar berdaun lebat serta tidak terserang hama. untuk menanam pohon mangga irwin kita bisa memilih lokasi yang bisa dilakukan dengan sistem tabulampot ataupun di lahan kosong. tanaman mangga ini cocok ditanam pada dataran rendah yang bersuhu panas sekitar 30 – 35 celcius. tidak menutup kemungkinan di dataran tinggi juga bisa tumbuhkan.

Untuk proses penanaman bibit mangga irwin yang sudah siap tinggal kita pindah ke area penanaman letakkan perakaran bibit pada lubang tanah. jika bibit dapat dari toko pertanian bibit biasanya sudah tertanam dalam polybag atau plastik setelah itu sudah diletakkan pada lubang tanam. segera ditutup dengan campuran tanah + kompos + sekam dicampur jadi satu yang sebelumnya sudah disiapkan. media yang kaya akan nutrisi akan merangsang atau menghasilkan tanaman mudah beradaptasi dengan lingkungan baru. Setelah bibit tertanam pada lahan penanaman proses selanjutnya adalah melakukan penyiraman pertama dilakukan di waktu pagi atau sore hari. untuk penyiraman ke seluruh tanaman dan media tanamnya sampai air meresap ke dalam tanah di pot atau pendirian penanaman untuk hasil yang baik dalam penyiraman yang optimal disarankan menggunakan alat bantu embed atau bemper agar penyiraman ke tanaman bisa merata.

Bibit tanaman yang sudah ditanam membutuhkan banyak nutrisi secara teratur karena tanaman butuh asupan nutrisi bagi pertumbuhan optimal dalam jangka panjang ada 2 cara untuk membuat pembukaan rutin antara lain pertama secara kimia atau kombinasi dengan ambil beberapa atau secukupnya npk buah + 7 / kompos atau pupuk kandang + 1 sdt kok bmw. kedua cara organik atau alami 1 sdm kocor bmw + 1 sdt kok bmw pembukaan ini harus di rutin dilakukan kurun waktu dua minggu atau satu bulan sekali. Tanaman mangga irwin jenis ini akan berbuah berumur 2 – 3 tahun dari hasil okulasi atau cangkok atau sambung. Pertumbuhan mangga perlu diberi dengan memberikan hormon perangsang buah untuk memacu tumbuhnya buah secara cepat dan hasil yang lebih baik. cara penggunaannya cukup dengan menyemprotkan voc bmw ke seluruh tanaman mangga irwin secara rutin dalam waktu satu bulan sekali dengan aturan dosis ditutup kok bmw + 15 liter air bersih.

Cara menghindari hama atau penyakit dari tanaman mangga irwin. hama yang sering mengganggu tanaman mangga pada umumnya yaitu seperti codot, penggerek untuk, ulat pilot tropis penggerek buah, bubuk buah mangga, bisul daun, lalat dua, kepik mangga dan tungau. Tapi untuk hama yang menyerang tanaman tersebut bisa diatasi dengan menggunakan antisipasi berupa insektisida hayati antilat 3 – 5 hari sekali untuk aturan dosis 4 tutup botol per 17 liter air bersih. dalam merawat pertumbuhan tanaman mangga yang sangat mendukung yaitu rajin dalam membersihkan area lahan tanam atau rapat jika ditanam didalam pot dari rumput liar tumbuh disekitar tanaman serta dari sampah lain dan hal yang utama yaitu rajin dalam melakukan penyiraman 1 – 2 kali sehari pagi atau sore tetapi tergantung dari cuaca dan kelembaban tanah di kondisi daerah setempat.