Budidaya Jambu Kristal

Budidaya Jambu Kristal. Buah Jambu Kristal ini dihasilkan dari tumbuhan jambu kristal yang akan selalu berbuah sepanjang tahun. Tidak seperti kebanyakan dari spesies jambu lainnya. Bila jenis jambu lainnya banyaknya biji hingga mencapai 80 % dari daging buahnya. Jual Bibit Jambu Kristal. Maka Jambu kristal ini hanya mempunyai 3% biji dari bagian buahnya.

 

Dengan begitu daging buah jambu kristal ini sangat banyak dan tentu saja dagingnya pun cukup tebal. Tekstur daging yang segar dan terasa gurih di lidah ini hampir mirip dengan buah apel atau buah pir. Semua ini juga merupakan ciri khasnya yang merujuk pada banyaknya kelebihan dari jambu kristal yang segar ini. Selain itu lapisan lilin yang memproteksi luar buah ini juga bisa dibilang tebal.

Cara Budidaya Jambu Kristal

Pengolahan tanah

Tanah tidak harus yang rata, tanah perbukitan yang miring juga bisa di tanami,untuk area lahan yang membutukan sengkedan (teras) pada bagian yang amat curam, untuk penggemburan bisa di lakukan dengan bajak atau dicangkul dengan kedalaman sekitar 30 cm secara merata. Selanjutnya diberi pupuk kompos dengan takaran 40kg/m persegi, kemudian dibuat bedengan dengan ukuran maksimal 1,20 dengan panjang yang disesuaikan dengan panjang di sekitar lahan.

Untuk penanaman dalam pot gunakan media tanam Tanah, Pupuk  Kompos, dan Sekam dengan perbandingan 1:2:2, usahakan sebelum ditanam , dasar pot wajib di isi dengan kerikil/batu apung/busa.

Pemeliharan Tanaman

Penjarangan dan penyulaman  harus dilakukan, supaya  gulma-gulma yang menggangu tanaman bisa dibersihkan secara maksimal dengan radius 1,5-2m di sekeliling tanaman. Bila bibit mati harus segera diganti dengan bibit yang baru. Penyiangan dilakukan dengan membuang tunas yang ada di batang utama sehingga buah bisa besar dengan rasa manis. Setiap sebulan sekali tanah di sekitar tanaman harus  dilakukan penyiraman dan penggemburan tanah agar tetap lunak hingga tanaman benar-benar kokoh.